Tuesday, December 2, 2008

New Movie: CITY OF EMBER

Sore tadi gw ama abangku tersayang nonton film ini di Plaza Semanggi. Pengennya sih nonton yang lain, tapi karena udah pada full makanya nonton film ini.

Menurut gw sih film ini standard banget, ga menggigit, walaupun spesial efek dan sound efeknya bagus. Namun alur cerita yang ada sedikit tidak jelas dari awal hingga akhir.

Pada awal cerita tidak dijelaskan mengapa masyarakat diungsikan ke City of Ember yang berada di bawah tanah, dan mengapa waktu 200 tahun yang dipilih untuk mengungsikan.
Yang cukup membingungkan adalah hanya dengan mengunci sebuah kotak, maka sebuah kota bisa ditutup selama hampir 200 tahun. Kunci kotak tersebut diwariskan secara bergantian kepada Mayor of Ember, pemimpin kota Ember. Rencana untuk mengunci kota Ember selama 200 tahun saja tidak berhasil hanya karena kematian Mayor ke-7 kota Ember, dimana setelah kematian mayor tersebut keberadaan kotak itu tidak diketahui lagi.

200 tahun lebih telah berlalu, kota Ember mulai kehabisan suplai makanan dan generator listrik yang menerangi kota Ember sudah semakin sering rusak dan semakin sulit untuk diperbaiki. hal ini membuat warga kota Ember semakin cemas. Namun Mayor Ember saat ini tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut, karena ternyata diam-diam dia telah menyimpan suplai makanan yang banyak untuk dirinya sendiri.

2 anak berumur 12 tahun, Lina Mayfleet dan Doon Harrow telah lulus dari sekolah dan mendapat penugasan yang berbeda, namun karena mereka sama-sama tidak menyukai tugas yang diberikan kepada mereka maka mereka saling bertukar tugas, sehingga Lina bertugas sebagai pembawa pesan dan Doon bertugas di bagian perbaikan pipa.
Lina yang merupakan keturunan dari Mayor ke-7 secara tidak sengaja menemukan kotak kunci kota Ember. Lina dan Doon bersama-sama berusaha memecahkan misteri kunci tersebut. Sampai akhirnya mereka menemukan jalan menuju ke dunia atas yang telah kembali normal dan dapat didiami lagi oleh umat manusia.

Pemain:
Bill Murray as Mayor Cole
Saoirse Ronan as Lina Mayfleet
Harry Treadaway as Doon Harrow
Mackenzie Crook as Looper
Mary Kay Place as Mrs. Murdo
Marianne Jean-Baptiste as Clary
Liz Smith as Granny
Lucinda Dryzek as Lizzie Bisco
Martin Landau as Sul
Toby Jones as Barton Snode
Tim Robbins as Loris Harrow

Film ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul sama, The City of Ember, karya JEANNE DuPRAU pada tahun 2003.

Gw jadi pengen baca novelnya, karena biasanya membaca novelnya jauh lebih seru dibanding menonton filmnya. Kecuali Lord of The Rings, gw lebih suka nonton filmnya dibanding membaca bukunya.

Secara keseluruhan gw memberi film ini nilai 2,5 dari 5.


3 comments:

Anonymous said...

dRIPADA nntn "City of member", mndingan nntn "Twilight aj", kak! Wkwkwk... Bkalan gak nyesel, deh, nntn "Twilight"...

Sudah premiere di JKT!!!!

Anonymous said...

pengennya nonton twilight dek, tapi full... hiks

Anonymous said...

haloooo